Pengalaman Mutasi Masuk Motor Kab. Bogor ( Part 2)

 


Setelah saya lakukan Mutasi keluar (https://alfathmaulid.blogspot.com/2022/03/pengalaman-mutasi-motor-nama-pemilik.html) dari Kota Sukabumi, langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah mendatangi Samsat Kab. Bogor (didaerah komplek LLAJ Kab Bogor).

Tanggal 16 Maret 2022 saya berangkat dari rumah menuju samsat, tiba di samsat pukul 09:30, langsung menuju tempat cek fisik dan melakan pendaftaran sambil menunjukkan berkas mutasi dari Kota Sukabumi. Setelah itu dipanggil dan mengambil kertas cek fisik dan dilakukan gesek nomor rangka, dan nomor mesin, lalu foto mutasi masuk. Selanjutnya diberikan 1 lembar formulir cek fisik, dan membayar biaya Rp 20.000,-.

Kemudian saya diarahkan menuju Loket Mutasi di Ruang Utama Samsat (tempatnya lebih nyaman daripada kota sukabumi) dan memberikan berkas mutasi ke loket mutasi masuk di sebelah kiri pintu masuk. Setelah itu diberikan kembali berkas dengan tambahan surat permohonan mutasi. Lanjut diarahkan kebagian pengesahan cek fisik yang berada di bawah gedung utama sebelah kanan, disini menunggu panggilan untuk pengesahan, dan diarahkan ke tempat fotokopi dibelakang gedung utama, bagian basement.

Di tempat Fotokopi ini kita tinggal menyerahkan berkas dan bilang untuk mutasi masuk, dengan terampil petugas fotokopi akan menyalin file yang diperlukan dan menyusunnya dalam map coklat. Biaya Fotokopi Rp. 20.000,-. 

Selanjutnya saya diarahkan kebagian Ur Mutasi, Ruanggannya tepat berada di sebelah kiri tempat fotokopi, dan menyerahkan berkas tadi. Dibagian Ur Mutasi ini saya menunggu beberapa saat dan diberikan surat jalan dan diminta untuk kembali seminggu lagi untuk pengambilan STNK dan TNKB, mungkin BPKB juga jika sudah selesai. Disini saya diminta uang administrasi sebesar Rp 220.000,-


Lanjut part 3...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama