Pengalaman Mutasi Motor (Nama Pemilik Sama, Pindah Domisili) Part 1

 Setelah menikah, istri saya pindah domisili dari KTP Sukabumi menjadi KTP Bogor. Untuk tertib admistrasi maka kendaraan motor yang dimiliki istri saya pun harus pindah alamat. Sabtu 26 Maret 2022 saya melakukan pengurusan surat mutasi keluar (cabut berkas). Pagi itu selepas subuh saya berangkat dari bogor menuju sukabumi. Pukul 10:00 Siang saya tiba di samsat kota sukabumi (dibelakang lapang merdeka).

Disamsat saya memfotokopi berkas BPKB, STNK, dan KTP istri serta saya sebayak @2 lembar, biayanya sekitar Rp. 5000,00. Setelah itu saya diarahkan untuk menuju Loket Pengambilan Berkas dengan menunjukan fotokopi yang sudah disiapkan, tak lama dipanggil kembali dan diberikan satu map berkas kendaraan dan lembar pengecekan kendaraan (untuk dilakukan cek fisik). Lanjut lagi ketempat cek fisik dan dilakukan gesek nomor rangka dan nomor mesin, serta foto kendaraan yang kemudian dilanjutkan ke proses pengesahan berkas cek fisik, disini kita dikenakan biaya Rp. 20.000,00. dan diarahkan ke bagian mutasi yang berada disebelah kiri samsat.

Diruang mutasi kita memberikan berkas tadi dan menunggu antrian, setelah berapa lama saya dipanggil dan dijelaskan proses-proses yang harus dilakukan, serta diberikan surat keterangan untuk mengambil dokumen mutasi dan diberikan nomor hp petugas untuk menanyakan apakah berkas sudah tersedia atau belum, dimana dokumen tersebut seyogyanya bisa selesai dalam waktu 2-4 Minggu. Disini saya diminta biaya Rp. 400.000,-. Keanehan terjadi adalah kenapa tidak dilakukan di KASIR dan tidak mendapatkan bukti bayar.

Selepas itu saya kembali pulang. Dua minggu kemudian saya kembali untuk mengambil berkas setelah memastikan bahwa berkas sudah tersedia dengan menghubungi nomor yang telah diberikan petugas. Disini saya dimintai lagi biaya pengurusan sebesar RP. 25.000,-

Total Biaya Mutasi Keluar KOTA SUKABUMI



1. FC Berkas                                 Rp.     5.000,00

2. Cek Fisik Kendaraan                Rp.    20.000,00

3. Biaya Pengambilan Berkas       Rp. 400.000,00

4. Biaya pengurusan                      Rp.    25.0000,00


Total Biaya Rp. 450.000,00


Keseluruhan kegiatan ini saya tidak menggunakan calo/mengurus sendiri,


lanjut part 2

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama